===WELCOME TO MY BLOG====WELCOME TO MY BLOG===

Senin, 17 Oktober 2011

Sekilas tentang Shell,System call,Command interpreter&API (Aplication Programing Interface)

SHELL

Shell adalah bagian dari perangkat lunak yang menyediakan antarmuka bagi pengguna dari suatu sistem operasi yang menyediakan akses ke layanan dari kernel. Namun, istilah ini juga diterapkan untuk aplikasi sangat longgar dan dapat mencakup perangkat lunak yang "dibangun di sekitar" komponen tertentu, seperti browser web dan klien email yang "shell" untuk mesin rendering HTML. Nama shell berasal dari kerang menjadi lapisan luar dari antarmuka antara pengguna dan internal dari sistem operasi (kernel).

Kerang sistem operasi umumnya jatuh ke dalam salah satu dari dua kategori: baris perintah dan grafis. Command-line kerang menyediakan antarmuka baris perintah (CLI) ke sistem operasi, sementara kerang grafis menyediakan antarmuka pengguna grafis (GUI). Dalam kategori baik tujuan utama dari shell ini adalah untuk memanggil atau "memulai" program lain, namun, kerang sering memiliki kemampuan tambahan seperti melihat isi direktori.

Manfaat relatif dari kerang CLI dan GUI-berbasis sering diperdebatkan. CLI pendukung mengklaim bahwa operasi tertentu dapat dilakukan jauh lebih cepat di bawah cangkang kerang CLI daripada di bawah GUI (seperti memindahkan file, misalnya). Namun, pendukung GUI menganjurkan kegunaan komparatif dan kesederhanaan kerang GUI. Pilihan terbaik adalah sering ditentukan oleh cara di mana komputer akan digunakan. Pada server terutama digunakan untuk transfer data dan pengolahan dengan administrasi ahli, CLI mungkin menjadi pilihan terbaik. Namun, GUI akan lebih sesuai untuk komputer yang akan digunakan untuk mengedit gambar atau video dan pengembangan data di atas.


System call 

System call adalah bagaimana program permintaan layanan dari kernel sistem operasi. Ini mungkin termasuk layanan perangkat keras yang berhubungan (untuk misalnya mengakses Hard Disk), menciptakan dan mengeksekusi proses baru, dan berkomunikasi dengan layanan kernel terpisahkan (seperti penjadwalan). 
Sistem panggilan menyediakan antarmuka antara proses dan sistem operasi.


Command interpreter


Command interprete adalah bagian dari sistem operasi komputer yang memahami dan menjalankan perintah yang dimasukkan secara interaktif oleh manusia atau dari sebuah program. Dalam beberapa sistem operasi, command interpreter disebut shell.

Command interprete dalam definisi lain adalah Sebuah program yang membaca perintah-perintah tekstual dari pengguna atau dari file dan mengeksekusi mereka. Beberapa perintah dapat dijalankan secara langsung dalam interpreter itu sendiri (misalnya pengaturan variabel atau konstruksi kontrol), yang lain dapat menyebabkan itu untuk memuat dan menjalankan file lainnya.
Interpreter perintah Unix yang dikenal sebagai kerang.
Ketika IBM PC adalah beban boot BIOS dan menjalankan command interpreter MS-DOS ke memori dari COMMAND.COM file yang ditemukan pada sebuah floppy disk atau hard disk drive. Perintah yang mengakui COMMAND.COM (COPY misalnya, DIR, PRN) disebut perintah internal, berbeda dengan perintah eksternal yang file executable.



API (Aplication Programing Interface)

Suatu API (Aplication Programing Interface) atau aplikasi antarmuka dan kadang-kadang dieja aplikasi antarmuka pemrograman adalah metode spesifik yang ditentukan oleh sistem operasi komputer atau program aplikasi dimana seorang programmer menulis sebuah program aplikasi dapat membuat permintaan dari sistem operasi atau aplikasi lain.

API dapat dibandingkan dengan antarmuka pengguna grafis atau antarmuka perintah (keduanya merupakan antarmuka pengguna langsung) sebagai antarmuka untuk sistem operasi atau program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar